Resep MPASI: Jus Pisang Jeruk

Resep MPASI jus pisang jeruk ini sangatlah pas untuk memperkenalkan rasa manis dan asam pada bayi dan pada saat yang sama juga akan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C yang berasal dari dua bahan utamanya yaitu pisang dan jeruk. Pisang juga dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Pastikan Bunda memilih pisang dan jeruk yang memiliki manis dengan cara mengicipinya terlebih dahulu sebelum membuat resep ini. Untuk pisangnya, disarankan menggunakan pisang ambon karena rasanya yang cenderung manis. Atau bisa juga menggunakan pisang baby yang memiliki tekstur yang sangat halus. Sementara untuk jeruknya, bisa menggunakan jenis jeruk apa saja termasuk jeruk lokal asalkan pastikan rasanya manis.

Resep MPASI

Resep MPASI ini sengaja dibuat jus bukannya puree sehingga akan sangat pas untuk diberikan pada bayi di fase-fase awal perkenalannya pada MPASI. Teksturnya yang lebih cair dan ada sedikit bongkahan-bongkahan kecil pisang siap mengantarkan si kecil pada perkenalannya akan tekstur makanan yang berbeda dari sekedar ASI saja. Resep ini cukup untuk 2 porsi makan si kecil. Anda bisa memberikannya pada bayi Anda sebagai menu sarapan dan makan siang. Nah, apakah Anda siap untuk memulai resep MPASI ini? Yuk mari kita tengok apa saja bahan-bahannya dan bagaimana cara membuatnya.

Bahan-bahan Yang Diperlukan

  • 1 buah pisang ambon. Pastikan memilih pisang ambon yang sudah matang dan berukuran sedang atau besar. Potong kecil-kecil.
  • 200 ml ASI atau sekitar 3 sendok takar peres susu formula yang dilarutkan ke dalam 200 ml air matang (sebaiknya air matang hangat).
  • 100 ml perasan dari air jeruk manis.

Cara Membuatnya

  • Haluskan pisang, susu formula dan air jeruk manis dengan menggunakan blender. Usahakan hasil blendernya sehalus mungkin. Jika menggunakan ASI, jangan campurkan dengan menggunakan blender karena akan merusak kandungan gizi ASI tersebut. Campurkan ASI saat Anda sudah memblender semua bahan yang lain dan cukup gunakan sendok untuk mengaduknya.
  • Jus pisang jeruk siap dituangkan ke dalam gelas kecil dan disajikan pada si kecil.

One Response

  1. Bunda fakhira Juli 17, 2017

Leave a Reply