Bunda, coba tebak teka-teki yang satu ini, ya. Umbi-umbian apa yang manis, kaya akan kandungan karbohidratnya, dan sumber beta-karoten yang bagus untuk kesehatan mata? Ya, jawabannya adalah ubi ungu. Ubi ungu boleh jadi satu jenis umbi-umbian yang baik dikonsumsi oleh buah hati Anda. Ubi ungu sarat akan beragam nutrisi, seperti potasium, kalsium, dan macam-macam vitamin (vitamin A, B-kompleks, dan C). Tak heran jika para ibu – termasuk Anda – pasti berbondong-bondong ingin segera mengenalkan makanan pendamping ASI berbahan dasar ubi ungu atau MPASI ubi ungu ini pada si kecil, ya.

mpasi-ubi-ungu

Sama halnya seperti jenis-jenis MPASI yang lain, tak sedikit orang tua yang bingung mengenai waktu yang tepat untuk mengenalkan ubi ungu pada si kecil. Karena ubi ungu termasuk ke dalam jenis makanan padat, maka waktu yang disarankan untuk mengenalkan MPASI ini kepada bayi adalah ketika ia sudah menginjak umur 6 bulan. Jika pada perkenalan pertama kali bayi menolak untuk memakan MPASI berbahan dasar ubi ungu yang sudah disiapkan, beri ia cukup waktu hingga bisa beradaptasi sepenuhnya dengan tekstur, rasa, dan wangi dari makanan baru ya, Bun.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, ubi ungu adalah salah satu umbi akar yang dikonsumsi oleh jutaan manusia di muka bumi ini karena khasiatnya yang luar biasa. Ubi ungu tak hanya berkhasiat bagi orang dewasa, tapi juga bagi anak-anak, khususnya bayi. Berikut adalah beberapa manfaat MPASI ubi ungu bagi bayi yang harus Bunda ketahui.

1. Kaya akan vitamin A dan beta-karoten

Ubi ungu adalah salah satu bahan dasar MPASI yang kaya akan vitamin A, dimana vitamin ini sendiri sangat diperlukan bagi perkembangan indra penglihatan si kecil. Di samping itu, dengan rutin mengkonsumsi MPASI ubi ungu, maka jumlah vitamin A yang dapat diproduksi secara natural oleh sel-sel tubuh dapat meningkat dengan sendirinya. Dengan kata lain, tubuh anak tak akan pernah kekurangan vitamin A yang dibutuhkan. Tahukah Bunda? Ubi ungu memiliki 14.187 unit vitamin A per sajian, lho! Angka yang fantastis ini cukup membuktikkan betapa dahsyatnya khasiat mengkonsumsi MPASI ubi ungu bagi bayi, betul?

mpasi-ubi-ungu

2. Mengandung banyak serat untuk melancarkan pencernaan

Ubi ungu merupakan sumber serat yang baik untuk melancarkan pencernaan, terutama bagi buah hati Anda yang memiliki permasalahan dengan organ-organ pencernaannya. Tak hanya itu, ubi ungu juga mengandung sumber gula alami yang aman dikonsumsi oleh si kecil. Ketika mengkonsumsi MPASI ubi ungu, tubuh si kecil akan memecah kandungan zat tepung yang ada di dalam ubi ungu dan mengkonversinya menjadi energi. Zat tepung tersebut diyakini lebih aman dikonsumsi oleh bayi dibandingkan dengan jenis gula lainnya.

3. Kaya akan multivitamin

Tak hanya berhenti sampai di vitamin A saja, ubi ungu juga sarat akan beragam jenis vitamin yang lainnya, misal: vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B1, vitamin B6, serta vitamin B9. Jenis vitamin yang bermacam-macam ini diperlukan untuk pertumbuhan tubuh bayi (meliputi seluruh organ yang ada di dalam tubuh) dan untuk perkembangan kesehatannya di waktu mendatang.

mpasi-ubi-ungu

4. Mengandung beragam jenis mineral penting

Mineral adalah satu zat penting yang menjaga keberlangsungan proses metabolisme dari banyak organ di dalam tubuh. Tahukah Anda? Ubi ungu dinobatkan sebagai makanan sumber mineral terbaik! Di dalam satu mangkok MPASI ubi ungu terkandung bermacam-macam zat mineral yang sangat dibutuhkan oleh si kecil, seperti: kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, hingga zinc.

Nah, sekarang Bunda sudah paham betul ‘kan mengapa para ahli gizi sangat menganjurkan supaya bayi sering-sering diberi MPASI ubi ungu? Setelah membaca artikel ini, kami harap Bunda tak lagi membuat seribu alasan untuk mengelak, ya. Di samping ubi ungu, masih ada banyak lagi jenis buah-buahan atau sayur-sayuran yang juga bergizi dan baik untuk kesehatan si kecil, seperti MPASI kentang ini misalnya. Apapun bahan dasarnya, tetap berikan yang terbaik bagi buah hati Anda ya, Bunda.