Bunda, familiarkah Anda dengan buah yang satu ini? Ya, cucurbita moschata atau yang lebih kita kenal sehari-hari dengan nama “labu kuning” ini merupakan buah yang ramah ditemui di keseharian kita. Di Indonesia sendiri, masyarakatnya terbiasa melihat labu kuning sebagai bahan isian kolak ataupun penganan ringan lainnya.

mpasi-labu-kuning

Eits, tak hanya berhenti disitu. Pemanfaatan buah kaya vitamin ini juga dapat diterapkan dalam pengolahan makanan pendamping ASI (MPASI) bagi bayi berumur 6 bulan ke atas. Karena manfaatnya yang tak terhingga, para Bunda bisa nih mencoba sendiri resep MPASI labu kuning untuk si kecil. Jangan bingung, berikut kami bagikan resep MPASI labu kuning anti gagal yang bisa Bunda praktekkan langsung hari ini untuk menu spesial si kecil. Kita intip satu-persatu, yuk.

MPASI puree labu kuning

Jika si kecil sering mengalami konstipasi, itu tandanya ada masalah dengan pencernaannya. Jangan menunggu sampai si kecil merengek kesakitan ya, Bun. Untuk mengatasinya, cukup tambahkan banyak serat dalam menu makanan sehari-hari si kecil. Ada banyak sayur dan buah yang mengandung banyak serat, termasuk si super labu kuning ini. Bagaimana dengan resep MPASI puree labu kuning yang sederhana namun berkhasiat untuk memperlancar pencernaan buah hati? Berikut ulasannya.

Bahan-bahan:

  • Labu kuning 50 gr
  • ASI perah atau susu formula secukupnya

Cara masak:

1. Kupas labu kuning dan potong dalam ukuran kecil, kemudian cuci bersih dengan air mengalir.

2. Kukus potongan labu kuning hingga lunak.

3. Masukkan labu kuning yang sudah dikukus ke dalam blender dan lumatkan. Jangan lupa untuk menambahkan ASI perah atau susu formula sesuai tingkat kekentalan yang dikehendaki, aduk rata.

4. MPASI puree labu kuning siap disajikan.

MPASI labu kuning dan apel

Selain nama Latin, labu kuning sendiri juga akrab disebut sebagai “waluh”. Tahukah Bunda? Dengan mengkonsumsi sedikitnya 250 gr labu kuning per hari, Bunda dapat mencukupi kebutuhan vitamin A, vitamin B2, vitamin C, dan vitamin E si kecil! Jadi, tunggu apa lagi, yuk segera masak MPASI labu kuning yang satu ini.

Bahan-bahan:

  • Labu kuning 50 gr
  • Apel berukuran sedang 1 buah

Cara masak:

1. Kupas labu kuning dan apel kemudian potong dadu. Cuci bersih keduanya dengan air mengalir.

2. Kukus labu kuning dan apel hingga lunak.

3. Lumatkan labu kuning dan apel yang sudah dikukus dengan blender sampai tingkat kelembutan yang dikehendaki.

4. MPASI labu kuning dan apel siap dihidangkan.

MPASI labu kuning dan wortel

mpasi-labu-kuning

Jika Bunda ingin supaya si kecil memiliki kesehatan mata yang selalu terjaga, maka rutin mengkonsumsi labu kuning adalah jawabannya. Di dalam labu kuning terkandung vitamin A dan beta-karoten yang bermanfaat untuk mencegah penurunan fungsi mata. Di samping itu, ia juga bagus untuk mengurangi resiko terkena katarak.

Bahan-bahan:

  • Labu kuning 50 gr
  • Wortel berukuran sedang 1 buah
  • ASI perah atau susu formula secukupnya

Cara masak:

1. Kupas labu kuning dan wortel, lalu potong dadu. Cuci semua bahan sampai bersih dengan air mengalir.

2. Kukus labu kuning dan wortel selama ± 20 menit.

3. Haluskan dengan blender, tambahkan ASI perah atau susu formula sesuai selera dan aduk sampai tercampur rata.

4. MPASI labu kuning dan wortel siap disajikan.

MPASI bubur labu kuning

Bila si kecil mudah sakit, tandanya ada yang tidak beres dengan sistem imunnya, Bun. Apa sistem imun itu? Sistem imun adalah bagian dari tubuh yang melindungi kita dari bermacam virus dan bakteri penyakit. Jika sistem imun kita tidak baik, maka kita mudah terserang beragam penyakit. Tapi, dengan rajin mengkonsumsi labu kuning, imunitas tubuh kita akan meningkat, sehingga resiko terserang penyakit kronis dapat dikurangi. Apabila Bunda ingin si kecil selalu aktif, energik, dan sehat, maka tidak ada alasan untuk tidak menjadikan labu kuning sebagai salah satu bahan dasar MPASI.

Bahan-bahan:

  • Labu kuning 50 gr
  • Beras putih 1 genggam
  • Extra virgin olive oil (EVOO) secukupnya
  • ASI perah atau susu formula secukupnya

Cara masak:

1. Kupas labu kuning dan potong dadu, kemudian cuci bersih. Lakukan hal yang sama untuk beras putih

2. Masak labu kuning dan beras putih hingga menjadi bubur menggunakan rice cooker. Sesuaikan takaran air agar beras bisa masak sempurna menjadi bubur.

3. Tuangkan EVOO dan ASI perah atau susu formula pada mangkuk berisi bubur labu kuning. Campur rata.

4. MPASI bubur labu kuning siap dihidangkan.

Bunda, itu dia 4 resep MPASI labu kuning yang kaya akan sejuta manfaat untuk menjaga kesehatan si kecil. Di samping resep-resep yang sudah kami bagikan di atas, masih banyak lagi cara mengolah labu kuning yang bisa Bunda coba untuk memvariasikan menu makan harian si kecil. Apapun caranya, selalu ingat untuk menjadikan labu kuning atau waluh sebagai bahan utama dari MPASI bayi Anda demi kesehatannya.