Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang tak kalah populernya sebagai bahan baku pembuatan makanan pendamping ASI (MPASI). Hal ini tentunya disebabkan karena beragam khasiat yang dimiliki oleh brokoli. Bukan rahasia lagi jika brokoli adalah sayuran hijau dengan kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Di samping itu, di dalam 1 cup brokoli terdapat beragam zat mineral seperti potasium, fosfor, magnesium, kalsium, sodium, zat besi, zinc, mangan dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat pula asam folat, vitamin E, vitamin K, dan masih banyak lagi ragam vitamin lainnya dalam jumlah kecil.

mpasi-jagung

Akan tetapi, ada satu kandungan bernama serat larut air (soluble fiber) yang tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Menurut keterangan para ahli gizi, jenis serat yang satu ini justru dapat menimbulkan diare apabila dikonsumsi oleh bayi di luar dari porsi yang disarankan. Selain itu, serat ini juga dapat menyebabkan perut kembung jika dikonsumsi oleh bayi di bawah umur 10 bulan. Oleh karena itu, sebaiknya brokoli disajikan sebagai MPASI apabila bayi sudah menginjak umur 8-10 bulan. Akan tetapi, jika buah hati Anda memang mengalami masalah pencernaan sejak usia dini, justru lebih baik untuk mengenalkan MPASI brokoli terlebih dahulu dibanding MPASI berbahan dasar sayur lain.

Ada banyak cara untuk menyajikan MPASI brokoli: Bunda bisa mengukusnya, memotong dalam ukuran kecil dan memberi taburan keju di atasnya. Atau, Bunda juga dapat mencoba resep MPASI brokoli kreatif di bawah ini yang menyehatkan buah hati Anda.

Bubur MPASI brokoli

Bahan-bahan:

  • Brokoli secukupnya
  • Beras putih secukupnya
  • Kaldu ayam secukupnya
  • Extra virgin olive oil (EVOO) secukupnya
  • Unsalted butter secukupnya

Cara memasak:

  1. Cuci bersih beras putih dan brokoli di bawah air mengalir, kemudian potong-potong brokoli ke dalam ukuran sedang.
  2. Steam beras putih dan kaldu ayam kampung selama kurang lebih 20 menit, kemudian masukkan brokoli dan lanjutkan proses steaming selama 10 menit. Setelah matang, angkat dan haluskan menggunakan blender. Tambahkan EVOO dan unsalted butter untuk memberi rasa.
  3. Bubur MPASI jagung siap disajikan.

Bubur susu MPASI brokoli

mpasi-brokoli

Bahan-bahan:

  • Brokoli 50 gr
  • Bubur susu 1 sendok makan
  • Air hangat 1 sendok makan

Cara memasak:

  1. Cuci bersih brokoli kemudian cincang kasar. Rendam dalam air garam, lalu bilas kembali dengan air.
  2. Brokoli yang sudah dicincang kasar kemudian direbus hingga lunak selama kurang lebih 10 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Haluskan brokoli cincang hingga lembut menggunakan blender setelah diberi tambahan bubur susu dan air hangat sesuai selera.
  4. Bubur susu MPASI brokoli siap dihidangkan.

MPASI brokoli dan kentang

Bahan-bahan:

  • Brokoli secukupnya
  • Kentang secukupnya
  • Keju secukupnya
  • Unsalted butter secukupnya

Cara memasak:

  1. Cuci brokoli dan kentang hingga bersih, kupas kentang dan potong-potong.
  2. Rebus brokoli dan kentang hingga benar-benar empuk, kemudian haluskan menggunakan blender.
  3. Pisahkan bagian kasar dengan saringan kawat.
  4. Beri keju dan unsalted butter, lalu aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  5. MPASI brokoli dan kentang pun siap disajikan.

Puree MPASI brokoli

mpasi-brokoli

Bahan-bahan:

  • Brokoli secukupnya
  • Minyak ikan secukupnya
  • Air secukupnya

Cara memasak:

  1. Cuci brokoli dengan air mengalir, kemudian rendam dalam air garam selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih. Potong-potong dalam ukuran sedang.
  2. Kukus potongan brokoli selama kurang lebih 15 menit, lalu lumatkan dengan sendok. Pisahkan bagian yang lembut dari tekstur kasar menggunakan saringan kawat.
  3. Beri sedikit minyak ikan dan air sesuai tingkat konsistensi yang diinginkan, lalu aduk sampai tercampur rata.
  4. Puree MPASI brokoli siap dihidangkan.

Bagaimana, Bunda? Tak sulit ‘kan untuk menyajikan makanan sehat berkualitas pada buah hati seperti MPASI brokoli ini? Masih ada banyak lagi sayuran dan buah yang dapat Bunda manfaatkan untuk mengkreasikan MPASI lezat yang harus Bunda ketahui serta serba-serbi seputar MPASI bayi 6 bulan lainnya. Selamat mencoba ya, Bun!