Mari Mengenal Lebih Baik Apa Itu Intoleransi Susu Sapi – Part 1

Beberapa bayi tidak bisa mentolerir protein pada susu sapi. Jika dipaksakan untuk meminumkannya pada mereka, efek yang dihasilkan akan menjadi tidak baik. Reaksi gangguan pencernaan atau alergi bisa saja muncul dan membuat bayi rewel. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya tahu lebih dini jika si kecil mengidap intoleransi susu sapi ini dan membutuhkan perawatan khusus untuk mengatasinya.

intoleransi susu sapi pada bayi

Apa Itu Intoleransi Susu Sapi?

Intoleransi protein susu adalah keadaan dimana usus anak, terutama bayi, memiliki sensitifitas yang berlebihan pada protein yang terkandung pada susu sapi. Mengonsumsi susu sapi dapat berakibat terlukanya usus yang nantinya akan menyebabkan berbagai macam gejala seperti diare atau feses (kotoran) yang berdarah. Darah ini mungkin tidak kasat mata namun jika terus terjadi, bisa mengakibatkan anemia atau angka trombosit yang rendah. Bayi dengan intoleransi ini sangat bergantung pada ASI dengan catatan ibunya tidak mengonsumsi produk susu sapi dalam porsi yang banyak.

intoleransi susu sapi

Intoleransi susu sapi pada bayi dapat dilihat dengan gejala feses yang bercampur dengan darah mengindikasikan adanya luka pada organ pencernaan. Keadaan ini akan sangat tidak nyaman bagi si kecil dan mengakibatkannya menjadi rewel setelah minum susu. Tidak ada test khusus untuk mengetahui apakah bayi Bunda mengidap kelainan ini atau tidak. Bahkan dokter spesialis anak hanya dapat memberikan diagnosa berdasarkan level darah dan keberadaan darah di feses si kecil. Untuk itu Bunda akan diberikan beberapa pertanyaan untuk menginvestigasi riwayat medis dan test kesehatan si kecil, termasuk dengan kebiasaaan BAB-nya. Selanjutnya, akan diambil sampel feses untuk dilihat ada tidaknya darah disana. Si kecil juga sangat mungkin harus menjalani tes anemia untuk melihat level darahnya. Jika Bunda yakin si kecil mengidap intoleransi ini sedangkan ia hanya memperoleh ASI (usia 0-6 bulan), itu berarti Bunda harus mengurangi atau menghentikan sama sekali konsumsi produk murni atau olahan susu sapi. Itulah informasi dasar yang harus Bunda pahami tentang intoleransi susu sapi.

Leave a Reply