Makanan Bayi Terbaik untuk Pertumbuhan dan Perkembangan

Bayi menghabiskan banyak kalorinya untuk bertumbuh dan berkembang yang selanjutnya dilanjutkan dengan mulai menggunakan indera tubuhnya secara maksimal.

Kalori ini didapatnya dari makanan atau minuman yang diberikan oleh Bunda. Jika Bunda ingin si kecil untuk tumbuh sehat dan kuat, pelajarilah beberapa makanan bayi terbaik dibawah ini.

Masing-masing makanan bayi sangat baik untuk diperkenalkan pada umur tertentu. Berikut ini fakta dibalik pentingnya makanan bayi terbaik ini untuk tumbuh kembang anak. (Baca: Perkembangan bayi usia 0-12 bulan)

makanan untuk pertumbuhan si bayi

Daftar Makanan Bayi Terbaik

Air Susu Ibu (ASI)

ASI adalah makanan terbaik pertama bagi bayi usia 0-6 bulan. Selama 6 bulan pertamanya, bayi harus minum banyak ASI tanpa makanan pendamping apapun termasuk susu formula. Banyak ahli gizi menyarankan ibu untuk memberikan ASI selama masa penting ini karena hanya ASI yang dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Selain itu, ASI dapat meningkatkan imun bayi dan secara tidak langsung menghindarinya dari penyakit.

Alpukat

Bayi sangat menyukai alpukat karena teksturnya. Namun, bukan itu alas an yang membuat alpukat makanan terbaik setelah ASI. Alpukat sangat baik diperkenalkan sebagai makanan solid pertama bagi bayi karena alpukat mengandung lemak baik bagi tubuh. Rasa dan teksturnya juga sangat disukai oleh bayi. Selain itu, alpukat adalah buah yang praktis untuk dijadikan makanan bayi.

Kentang manis

Kentang manis memang jarang terdengar sebagai makanan bayi terbaik namun kedudukannya patut diperhitungkan. Kentang manis sangat penuh akan nutrisi terutama vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata, kulit, dan imun bayi.

Daging

Daging dalam porsi yang wajar akan sangat baik bagi tubuh si kecil. Daging adalah sumber makanan yang kaya protein, zat besi, riboplavin, vitamin B6, iron, dan niacin. Daging dapat dicampur dengan sayuran lain atau ASI sebelum diberikan pada bayi. Pastikan daging sudah dihaluskan agar memiliki tekstur yang lembut.

makanan yang baik untuk bayi

Yoghurt

Yoghurt alami tanpa penambahan gula atau perasa sangat baik bayi bayi. Yoghurt kaya akan protein nabati, kalsium, dan beberapa kultur aktif yang baik untuk usus bayi. Laktosa pada susu yang susah dipecah didalam usus, akan dicerna dengan mudah oleh kultur aktif tersebut. Jadi, bayi akan mendapatkan manfaat maksimal dari susu sapi di dalamnya.

Itulah daftar makanan bayi terbaik untuk tumbuh dan kembangnya di tahun-tahun pertama.

Bagaimana Membuat Makanan Bayi Rumahan?

Daripada menggunakan makanan bayi kemasan, tentu makanan bayi buatan rumah lebih sehat dan bersih. Selain itu, membuatkan makanan bayi sendiri memungkinkan Bunda untuk menyesuaikan kesukaan dan selera makan si kecil. Hanya saja, sebelum mengekplor resep-resep makanan untuk bayi, Bunda sebaiknya tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh ketika membuat makanan bayi rumahan. Dan pastikan, si kecil memang sudah siap untuk mengenal makanan solid. Biasanya saat ia berumur 6 bulan.

makanan bayi yang sehat

Mulailah dengan alpukat

Alpukat memiliki tekstur yang lembut, mudah dibuat, dan disukai rasanya oleh bayi. Bunda jika tidak perlu mengolahnya. Yang perlu Bunda lakukan hanya memblendernya dengan porsi menyesuaikan kebutuhan si kecil.

Buat makanan dengan rasa murni tanpa pemanis

Hindari menggunakan pemanis atau perasa tambahan lainnya pada makanan si kecil. Biarkan ia merasakan rasa makanan apa adanya.

Kombinasikan beberapa buah dan sayur secara bergantian

Jangan memberikan makanan bayi yang sama terus menerus karena pada suatu titik, si kecil akan susah makan dan rewel saat disuapi. Kombinasikan beberapa buah dan sayur secara bergantian. Beberapa makanan favorit bayi adalah alpukat, kentang manis, apel, pir, dan kembang kol.

Jangan membuat terlalu banyak

Bayi hanya membutuhkan porsi kecil untuk dapat kenyang. Jadi, jangan buat sekaligus dalam porsi yang besar karena sisanya akan terbuang percuma dan TIDAK boleh digunakan lagi untuk sesi makan berikutnya.

Pastikan semua segar

Semua bahan yang digunakan untuk membuat makanan si kecil harus fresh dan dalam kondisi terbaiknya. Untuk mencegah pir, alpukat, dan pisang berubah jadi cokelat di permukaan, Bunda dapat memberikan sedikit air lemon ke permukaannya.

Cicipi makanan sebelum diberikan

Cicipi semua makanan yang Bunda buat untuk memastikan semuanya dimasak dengan baik dan kematangan yang pas.

makanan untuk kesehatan sang bayi

Jangan mengenalkan semua makanan solid secara terburu-buru

Tunggu setidaknya 7 hari ketika Bunda ingin mengenalkan makanan yang baru. Ini untuk memudahkan untuk memastikan jika bayi alergi pada makanan tertentu.

Itulah beberapa tips membuat makanan bayi rumahan.

Leave a Reply