Kapan dan Bagaimana Sebaiknya Bayi Mengenal Makanan Padat Pertama Kalinya?

Setiap momen si kecil adalah penting bagi orangtuanya, termasuk saat ia mencoba makanan padat bayi pertamanya. Membahas tentang pemberian makanan padat pada bayi, beberapa survey yang dilakukan oleh peneliti dunia menyimpulkan bahwa kebanyakan ibu memulainya terlalu dini. Sebagai contoh, sebuah survey oleh Pusat Kontrol Penyakit dan Pencegahan (CDC) di Amerika melaporkan 40 persen dari lebih 1300 ibu yang mereka tanyai, mengenalkan makanan padat pada bayi mereka saat umur kurang dari 4 bulan. Sembilan persen di antaranya bahkan memberikannya pada bayi mereka yang berumur 4 minggu! Untuk itu, dokter menghimbau keras agar orangtua tidak memberikan makanan padat – apapun bentuknya – paling tidak selama 6 bulan pertama si kecil. Ini panduan mengenalkan makanan padat pada bayi.

mengenalkan makanan padat pada bayi

Mengenalkan Makanan Padat Pada Bayi Pertama Kalinya

Para ahli anak menentang keras pemberian makanan selain ASI atau susu formula pada bayi berumur di bawah 6 bulan. Hal ini berkaitan erat dengan manfaat ASI atau susu formula yang masih harus di dapat oleh bayi pada masa penting tumbuh kembangnya pasca kelahiran. Alasan bahwa si kecil sudah cukup besar atau tampak masih lapar meski diberi susu tidak dapat membenarkan Bunda untuk memberikan makanan padat pendamping. Apalagi, jika alasannya adalah harga susu formula yang menjulang tinggi.

makanan padat pada bayi

ASI sangat penting bayi tubuh si kecil karena terdapat banyak komponen nutrisi penting yang berguna bagi tumbuh kembangnya. Meski menyerupai ASI, susu formula tidak dapat menjadi pengganti ASI yang sempurna. Beberapa kandungan ASI terbukti tidak dapat diproduksi di pabrik karena hanya dapat dibuat oleh proses kimia dalam tubuh ibu. ASI memang selalu lebih baik untuk mencetak anak yang sehat dan pintar. Selain itu, berbagai proteksi juga diberikan ASI oleh si kecil jika Bunda memberikannya pada bayi hingga umurnya 6 bulan – tanpa makanan atau minuman pendamping apapun. Hampir tidak ada manfaat baik dari mengenalkan makanan padat pada bayi pertama kalinya terlalu dini. Jadi, untuk apa dilakukan kan, Bunda?

Leave a Reply