Bagaimana Perawatan Kulit Bayi Yang Baik dan Benar?

Kulit bayi sangat sensitif. Gesekan yang berlebih dapat mengakibatkan kemerahan atau gatal-gatal. Perawatan kulit bayi harus lebih detail dan menyeluruh daripada perawatan kulit orang dewasa karena kulitnya yang tidak sehat dapat lebih mudah terjangkiti kuman-kuman dari lingkungan sekitarnya. Jadi bagaimana merawat kulit bayi yang baik dan benar? Berikut ini adalah panduan singkat yang akan sangat membantu, Bunda.

perawatan kulit bayi

Panduan Perawatan Kulit Bayi Yang Baru Lahir

Ada satu hal yang harus sangat dihindari pada bayi, yaitu kulit kering. Kulit kering dapat menjadi sumber masalah kulit lainnya seperti pori-pori kulit yang terbuka dan menyebabkan infeksi kuman, kemerahan, atau gatal-gatal. Sejak kelahirannya, kulit bayi sangat mudah mengelupas dan mudah terkena iritasi kulit. Itulah mengapa kulit bayi mudah sekali berubah-ubah kondisinya dan kebanyakan tidak menarik secara penampilan. Baru pada usia 4 bulan, Bunda bisa melihat si kecil memiliki kulit mulus yang tanpa noda dan sangat lembut.

Saat bayi lahir, kulit bayi sangatlah kering. Hal ini akibat bayi telah menghabiskan 9 bulan di dalam kandung dikelilingi oleh cairan amniotic yang membuat kulitnya tidak dapat mengelupas seperti orang dewasa. Jadi begitu lahir, bayi akan menyesuaikan diri dan mengalami pengelupasan kulit lamanya dan mendapatkan kulit baru yang lebih sesuai untuk lingkungan hidupnya yang baru di luar kandungan. Pada awal mendapatkan kulit barunya, si kecil akan terlihat memiliki banyak tanda lahir yang mayoritas, seiring berjalannya waktu, akan tampak memudar atau menghilang karena kulit bayi menjadi lebih tebal dan lebih kuat.

perawatan kulit bayi yang baru lahir

Kulit bayi perlu dijaga kelembabannya. Dan ini dapat dilakukan dengan bantuan produk bayi yang aman. Semua produk bayi harus memiliki kandungan lembut yang mencegahnya terlalu mengikis kulit bayi dan membuatnya kering dan rentan pada gesekan yang berlebih. Gunakan produk bayi yang berbeda untuk rambut, wajah, tubuh, atau alat genitalnya. Perhatikan jika produk-produk tersebut dapat digunakan setiap hari atau tidak. Jika selama perawatan dengan produk-produk tersebut, kulit bayi tetap kering dan pecah-pecah, hingga mengelupas berlebih, segera hubungi dokter anak untuk mendapatkan perawatan kulit bayi yang baru lahir yang khusus.

Leave a Reply