Bagaimana Mengatasi Terlalu Banyak Memberi Makan Bayi?

Kasus kekenyangan atau terlalu banyak makan pada bayi sangat jarang terjadi. Hal ini dikarenakan bayi memiliki sistem tubuh khusus yang memungkinkannya untuk makan dan berhenti makan pada waktunya. Jika tubuh bayi lapar, ia akan menangis dan terus member tanda seperti mencari ke putting yang lain jika masih mengonsumsi ASI atau memasukan jari-jari mereka ke mulut. Lalu bagaimana Bunda bisa yakin jika si kecil terlalu banyak makan atau tidak? Dokter akan membantu. Dokter akan mempelajari kemungkinan terlalu banyak memberi makan bayi dari hasil cek panjang, berat, dan perkembangan bayi secara menyeluruh.

terlalu banyak makan pada bayi

Mencegah dan Mengatasi Terlalu Banyak Makan Pada Bayi

Terlalu banyak makan biasanya terjadi pada bayi yang masih minum susu atau ASI di botol. Hal ini dikarenakan lebih mudah melihat seberapa banyak makanan yang diminum dengan satuan botol. Selain itu, minum dari botol juga lebih mudah, jadi bayi akan minum lebih banyak dari botol. Jika setelah pengecekan dengan dokter, Bunda diinformasikan kalau si kecil terlalu banyak makan, maka satu-satunya cara memperbaiki ini adalah dengan memperhatikan lebih seksama tanda-tanda yang diberikan si kecil ketika ia lapar atau kenyang. Jangan memaksanya untuk terus makan bahkan ketika ia sudah menolak makan, memalingkan muka, menjauhi botol atau wadah makanannya, atau bahkan menangis. Sebaliknya, jika ia tampak masih berminat dengan susu atau makanan yang diberikan, tambahkan saja makanannya. Ia akan berhenti makan segera setelah ia lapar.

bayi banyak makan

Ini langkah yang tepat untuk menjamin si kecil mendapatkan makanan atau susu dalam jumlah yang ia butuhkan. Bayi jarang menangis tanpa sebab. Jika si kecil menangis terutama di waktu-waktu tertentu, Bunda harus selalu siaga dengan berbagai kemungkinan. Segera cek popoknya, ayun-ayunkan dia, nyanyikan lagu kesukaannya, bawa dia keluar ruangan, atau keluar rumah. Jika semua tidak berhasil, cobalah untuk memberikan susu tambahan meskipun sebenarnya ia baru saja selesai makan. Jika ia menangis karena lapar, ia akan segera tenang setelah pemberian susu tambahan ini. Sebaliknya, jika ia menangis saat sedang makan, mungkin sudah waktunya Bunda berhenti menyusui atau menyuapinya. Itulah cara mengatasi terlalu banyak makan pada bayi.

Leave a Reply