Panduan Menyapih Bayi dengan Aman

Untuk menyapih bayi dengan cara aman memang butuh langkah perlahan dan sangat hati-hati. Soalnya, kalau salah sedikit justru bisa menyakiti bayi. Ada sebagian metode yang justru tanpa sadar menyakiti bayi, misalnya mengoleskan buah mengkudu di bagian puting sehingga bayi tidak mau lagi menyusu. Padahal, cara menyapih bayi bisa dengan cara yang lebih aman dan nyaman.

panduan-menyapih-bayi-dengan-aman

Mengurangi Waktu
Lakukan dengan cara perlahan yaitu mengurangi waktu menyusui. Jika dalam satu hari terbiasa menyusui 5 atau 6 kali, bisa dikurangi hingga setengahnya. Metode ini tidak hanya berhasil untuk menyapih bayi, tetapi juga untuk mengurangi risiko pembengkakan atau nyeri pada payudara.

Memilih Pengganti
Mulailah mencari pengganti ASI yaitu dengan botol atau wadah-wadah lain. Lama kelamaan bayi akan tertarik pada satu atau beberapa cara minum atau makan. Hal ini akan semakin memudahkan proses penyapihan bayi.

Menyapih di Siang Hari
Lebih tepat lagi kalau menyapih bayi di waktu siang hari. Di waktu inilah Bunda bisa memberikan makanan yang padat kepada bayi. Namun pemberian ASI tetap diberikan di waktu malam. Perlahan, bayi akan terbiasa dengan itu dan bisa mengalihkan pada makanan lain. Cara ini pun bisa dilakukan dengan lebih santai dan nyaman.

Pemberian ASI dengan Cara Lain
Sebetulnya hampir sama dengan memilih pengganti ASI, namun masih menggunakannya cuma dipindahkan dalam wadah berbeda. Biasanya adalah botol yang bisa diminum oleh si bayi. tetapi jangan terlalu lama membiasakan meminum ASI dari botol. Berikanlah alternatif lain supaya bayi bisa mengetahui bahwa masih banyak jenis makanan yang sebenarnya cocok bagi dirinya.

menyapih-bayi

Tidak Membiarkan Kehausan atau Kelaparan
Solusi yang sangat tepat untuk mencegahnya dari kondisi lapar dan haus yang keseringan. Cara ini akan lebih tepat untuk diterapkan sebagai metode penyapihan yang aman dan secara bertahap bisa mengalihkan perhatian bayi pada jenis makanan yang lain. Pastikan dulu apakah ia merasa lapar atau haus dan berikan ASI secukupnya. Jadi, manfaat menyapih bayi akan menjadi gagasan yang lebih tepat untuk menyapih bayi.