Panduan Ibu Membantu Bayi Belajar Duduk Sendiri

Untuk seorang bayi, duduk sendiri adalah sebuah pencapaian yang sangat besar dan patut dibanggakan. Dduduk tanpa bantuan orang dewasa membuka peluang besar baginya untuk belajar gerakan-gerakan dasar lainnya, seperti merangkak, berdiri, berjalan, dan seterusnya. Bayi biasanya mulai menunjukkan pertana akan duduk sendiri sejak usianya 4 bulan. Cara termudah mengidentifikasinya adalah ketika bayi mulai belajar menoleh ke kiri dan ke kanan. Biasanya bayi akan mulai duduk pada usia 6 – 8 bulan dan mahir pada usia 9 bulan. Pada masa ini, bayi sudah memiliki otot leher dan kepala yang cukup kuat untuk menyeimbangkan tubuhnya saat duduk. Selain itu, bayi juga dapat menggunakan tangannya untuk keseimbangan. Tidak heran, banyak orangtua berusaha membantu bayi belajar duduk.

bayi belajar duduk

Membantu Bayi Belajar Duduk dengan Tangan atau Alat

Bunda tentu saja dapat membantu mempercepat proses belajar ini. Berikut adalah beberapa cara yang patut dicoba. Pertama adalah mndudukan bayi dengan bantuan. Segera setelah bayi dapat menoleh ke kanan atau ke kiri, itu menandakan otot leher dan kepalanya sudah cukup kuat untuk belajar duduk. Bantulah ia duduk dengan tangan Bunda memegangi kedua tangannya. Kebanyakan bayi menyukai latihan ini dan menganggapnya permainan yang menyenangkan. Selain melatihnya untuk duduk sendiri ini juga membantu bayi mengenali gerakan dari terbaring ke duduk.

Kedua adalah menggunakan alat bantu duduk untuk bayi. Beberapa perusahaan perlengkapan bayi mendesain alat bantu duduk untuk bayi yang aman dan nyaman. Dengan mendudukan bayi pada alat ini, Bunda membantu bayi untuk belajar menguatkan ototnya untuk duduk. Gunakan bantuan bantal yang empuk jika diperlukan. Atau dapat juga coba dudukan bayi di antara kedua kaki Bunda.

bayi belajar duduk mandiri

Lalu bagaimana jika kedua cara di atas tidak terlalu membantu bayi belajar duduk sendiri? Bunda tidak perlu khawatir. Cepat atau tidaknya bayi belajar duduk sangat unik untuk setiap bayi. Namun, jika ternyata hingga umur 9 bulan, ia belum juga dapat duduk, bawa ia ke dokter spesialis anak. Hal lain yang perlu diperhatikan jika bayi sudah dapat duduk adalah mulailah membersihkan rumah dari barang-barang yang dapat membahayakan si kecil. Tidak lama lagi aka nada banyak gerakan lainnya menanti.