Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memberi Makan Bayi Yang Benar

Makanan yang tepat adalah salah satu kunci penting keberhasilan tumbuh dan kembang bayi yang optimal. Jadi wajar saja jika topic ini selalu menjadi perbincangan hangat para ibu yang baru saja memiliki bayi. Makanan yang tepat bagi bayi, terutama pada usia 0 sampai dengan 6 bulan, adalah Air Susu Ibu. Susu ekonomis ini memiliki banyak sekali manfaat kesehatan untuk bayi di antaranya adalah meningkatkan sistem imun bayi dan memaksimalkan perkembangan otak bayi. Barulah usia 6 bulan ke atas, bayi boleh diperkenalkan dengan makanan padat seperti alpukat, pisang, kentang manis, atau sayur-sayuran yang dilumatkan. Tentu proses perkenalan ini membutuhkan tahapan-tahapan yang tidak sebentar namun layak untuk ditunggu. Di bawah ini adalah cara memberi makan bayi yang benar :

memberi makan bayi yang benar

Bagaimana Memberi Makan Bayi Yang Benar?

#1. Posisi Tubuh Bayi
Jika Bunda memberikan susu botol pada bayi, gendonglah si kecil dan berilah susu sambil berbicara padanya. Jangan biarkan si kecil minum dari botolnya saat terbaring sendirian, terutama jika usianya masih sangat muda. Jangan pernah tinggalkan bayi sendirian dengan botolnya. Jika Bunda menyusuinya, pangkulah si kecil atau gendonglah dia dengan alat bantu agar baik Bunda maupun si kecil merasa nyaman.

#2. Tepuk-Tepuk Punggung
Bayi sering menelan udara saat sedang makan. Ini mengakibatkan bayi mudah tersedak atau muntah saat disuapi. Akhirnya, bayi akan menjadi mudah menangis atau marah. Penting untuk menepuk-nepuk punggung bayi secara halus untuk membantu bayi melepaskan angin yang terperangkap melalui sendawa. Seberapa sering tepukan ini harus diberikan disesuaikan dengan kebutuhan si kecil.

#3. Memberi Makan Lagi
Ketika bayi masih menunjukkan minat pada makanan sementara makanannya sudah habis, berikanlah lagi makanan tambahan. Jangan takut terlalu banyak member makan karena bayi memiliki mekanisme tubuh yang praktis. Ia akan berhenti makan saat kenyang. Jika ia masih mau makan, berarti tubuhnya membutuhkannya.

memberi makan bayi

#4. Jangan memaksa bayi menghabiskan makanannya
Baik susu atau makanan padat, jangan pernah memaksa bayi menghabiskan makanannya saat ia kenyang. Tidak hanya akan membuatnya rewel, memaksanya akan mengacaukan mekanisme tubuhnya yang berfungsi memberitahu kapan saatnya makan dan kapan berhenti.

#5. Perhatikan Makan Terbaik Sesuai Usia Bayi
Makanan tertentu menjadi yang terbaik bagi bayi pada usia tertentu. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang hal ini. Atau, tanyakan pada dokter spesialis anak untuk memberi masukan menu makanan bayi yang spesifik sesuai kebutuhannya.

Kelima hal tersebut sebaiknya diterapkan secara teratur agar bayi mendapatkan gizi yang cukup dari makanannya dan menikmati waktu makannya. Bundapun tidak akan kesulitan member makan bayi.

Leave a Reply