Bahaya Makan Junk Food Saat Hamil Yang Banyak Ibu Sepelekan!

Saat mengidam, sangat sulit menahan keinginan untuk tidak menikmati makanan atau minuman yang diidam-idamkan. Bahkan seringkali, seorang wanita hamil menyantap makanan tidak sehat seperti junk food demi menuruti “keinginan bayi” tersebut. Bahayanya, efek dari makanan tidak sehat ini jauh lebih besar dari yang Bunda selama ini kira. Berikut penjelasan bahaya makan junk food saat hamil.

bahaya makan junk food saat hamil

Inilah Bahaya Makan Junk Food Saat Hamil

Penelitian terbaru di Universitas Adelaide, Australia, sebagaimana diterbitkan oleh Jurnal FASEB, seorang ibu mengandung yang makan junk food saat hamil secara tidak langsung telah berkontribusi dalam mencetak anak yang akan tergila-gila pada makan tinggi kalori dan gula di masa depan. Mudah dipastikan, si anak akan memiliki masalah obesitas.

Penelitian yang diketuai oleh Bev Mühlhäusler, PhD, adalah yang pertama kalinya menunjukkan keterkaitan ini. Penelitian berdasarkan studi laboratorium ini memperlihatkan bahwa junk food selama proses kehamilan dan menyusui mempengaruhi pola makan bayi yang dikandung juga. Dari studi tersebutlah, peneliti melihat bahwa anak yang dilahirkan oleh wanita penggemar junk food – atau hanya penikmat junk food sementara – akan kurang sensitif dengan hormone opioid, yaitu hormone yang memberikan rasa puas setelah makan makanan tinggi gula atau lemak. Oleh karena kekurangsensitifan ini, anak yang bersangkutan akan selalu mengharapkan makanan tinggi gula dan lemak dalam porsi yang lebih dan lebih.

makanan sehat vs junk food saat hamil

Dengan alasan yang sama pula, anak tersebut akan terus merasa kelaparan dan memasukan makanan apa saja untuk memuaskan dirinya. Akhirnya, ia akan makan berlebihan dari yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Makanan apapun, sehat atau tidak, bukan lagi menjadi perhatiannya asalkan ia dikenyangkan. Situasi seperti ini disebut sebagai over-eating disorder, dan jika berat badan makin ekstreme makan akan menjadi obesitas. Menyembuhkan obesitas bukanlah hal mudah. Bahkan negara adidaya Amerika, terus berperang dengan penyakit ini dari tahun ke tahun dan tanpa hasil yang berarti. Jadi, bijaksanalah saat mengidam karena ada bahaya ibu hamil makan junk food. Membiarkan kesenangan sesaat membahayakan si kecil sangat tidak masuk akal.