8 Cara Efektif Mengatasi Kepala Peyang Pada Bayi – Bagian 1

Seorang ibu kerap kali dihantui kecemasan jika saja anaknya akan memiliki kepala yang peyang. Hal ini tergolong wajar karena tulang-tulang kepala bayi yang belum kokoh rentan menjadi peyang. Setidaknya ada tiga tipe kepala peyang bayi dilihat dari akiibatnya, yaitu: kepala peyang akibat penyatuan tulang kepala yang terlalu dini, kepala peyang akibat proses kelahiran, dan kepala peyang akibat tekanan dari luar. Kepala peyang yang dikenal oleh khalayak umum adalah tipe yang ketiga. Kekhawatiran kepala peyang akibat tekanan, terutama ketika bayi tidur, membuat banyak ibu menggunakan bantal khusus kepala peyang yang berisi kulit kacang hijau dan beras. Bantal ini dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah di kepala dan mengatasi kepala peyang pada bayi.

Mencegah kepala bayi peyang

Kepala Peyang Pada Bayi Dapat Diatasi

Namun apabila kepala bayi Bunda sudah terlanjur peyang, Bunda tidak perlu khawatir. Pada banyak kasus, kepala peyang bisa berangsur membaik dengan waktu yang cukup dan perawatan yang tepat. Menginjak usia 1,5 tahun, bentuk kepala bayi masih dapat berubah akibat sambungan tulang-tulang pada tengkorak baru akan mengeras. Tepat usia 1,5 tahun, sambungan tulang akan mengeras dan ubun-ubun menutup sempurna. Jadi, semakin muda usia bayi saat memiliki kepala peyang, semakin mudah kepala peyang diatasi.

Cara pertama, ubah-ubah posisi tidur bayi. Bayi sering tidur dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama. Hal ini membuat terjadinya tekanan yang terus menerus pada satu titik tertentu pada tengkorak bayi. Jika dibiarkan, ini akan mengakibatkan kepala bayi peyang. Posisikan bayi telentang, tengkurap, dan miring secara bergantian. Hanya pastikan untuk selalu mengawasi bayi yang tengkurap untuk mencegah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

mengatasi kepala bayi peyang

Cara kedua, gunakan bantal khusus kepala peyang. Untungnya, saat ini telah diinovasikan sebuah bantal khusus untuk mencegah atau mengatasi kepala peyang pada bayi. Bantal ini sering disebut sebagai bantal peyang. Biasanya, bantal ini berisikan kulit kacang hijau dan beras yang dapat mengikuti gerak kepala bayi saat tidur, mengurangi tekanan pada kepala, dan memperlancar peredaran darah.