5 Larangan Saat Bayi Baru Lahir

Setelah sembilan bulan mengandung, seorang ibu pasti akan merasa sangat bahagia ketika akhirnya bisa berjumpa dan memeluk malaikat kecil yang dikandungnya. Si kecil yang masih begitu mungil dan rapuh tentunya menghadirkan kekhawatiran tersendiri ketika ibu ingin mengurus dan merawatnya sendiri. Tubuhnya yang masih baru saja beradaptasi dengan dunia luar tentunya lebih rentan terhadap berbagai virus dan kuman di sekitarnya sehingga bayi baru lahir membutuhkan perawatan khusus dan ekstra hati-hati. Untuk bisa memastikan bahwa si kecil tumbuh dengan baik dan sehat, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari oleh ibu agar si kecil terhindar dari segala macam hal yang bisa mengganggu dan membahayakan kesehatan dan perkembangannya. Sebisa mungkin disarankan untuk menghindari hal-hal berikut dalam proses tumbuh kembang bayi.

saat-bayi-baru-lahir

Apa Saja yang Harus Dihindarkan pada Bayi yang Baru Lahir?

Pertama, kebiasaan menjemur bayi langsung di bawah sinar matahari. Beberapa ibu mungkin berpendapat bahwa bayi yang baru lahir membutuhkan banyak sekali asupan vitamin D untuk memperkuat tulang-tulangnya dan membantu perkembangan fisiknya. Namun bukan berarti harus menjemurnya langsung di bawah sinar matahari yang malah akan mengakibatkan bayi merasa kepanasan dan tidak nyaman. Sebaiknya ibu menjemurnya di teras rumah atau halaman rumah yang cukup mendapatkan bias cahayanya saja. Waktu menjemur pun tidak terlalu lama, yakni antara 10 hingga 15 menit pada pukul 7-8 pagi. Kedua, jangan pernah memberikan makanan atau cairan apapun selain susu kepada bayi yang baru lahir hingga usia enam bulan. Organ pencernaan bayi masih belum sempurna untuk bisa mengolah jenis makanan atau cairan lain.

larangan-saat-bayi-baru-lahir

Lalu yang ketiga adalah jangan pernah memberikan popok kepada bayi secara terus-menerus sepanjang hari karena bisa menyebabkan ruam pada kulit sensitif bayi terutama pada bagian selangkangan dan alat kelaminnya. Ruam ini akhirnya menyebabkan bayi menjadi rewel dan gelisah karena merasa tidak nyaman.

Keempat adalah mengenai kebiasaan memakaikan sarung tangan dan kaus kaki dalam jangka waktu lama. Kebiasaan ini akan mengakibatkan bayi tidak bisa mengembangkan kemampuan jari-jari tangan dan kakinya untuk mengeksplor hal-hal di sekitarnya. Selain itu, penggunaan sarung tangan dan kaus kaki dalam waktu lama bisa menyebabkan biang keringat dan kondisi lembab.

Dan yang terakhir yang tidak disarankan dilakukan pada bayi baru lahir adalah pemberian minyak penghangat secara berlebihan. Hal ini bisa mengakibatkan kulit bayi yang sangat lembut dan sensitif menjadi teriritasi. Demikian beberapa larangan pada bayi yang baru lahir demi menjaga kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Jangan lupa untuk melantunkan doa untuk bayi baru lahir.