4 Hal Penting Saat Merawat dan Memotong Kuku Bayi

Menjaga kebersihan merupakan suatu keharusan untuk menghindari segala jenis kuman, bakteri, maupun virus masuk ke dalam tubuh kita dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Setiap jengkal bagian tubuh kita wajib dibersihkan setiap hari termasuk pula beberapa bagian yang tersembunyi seperti di belakang telinga, selangkangan, hingga bagian di sela-sela jari tangan dan kaki. Selain itu, salah satu indikator utama kebersihan seseorang adalah dilihat dari kebersihan kukunya. Hal ini berlaku pula untuk bayi yang baru lahir. Pada usia empat minggu, kuku bayi harus mulai dipotong karena kuku merupakan salah satu bagian tubuh bayi yang paling pesat pertumbuhannya. Kuku yang panjang akan menjadi tempat bersarangnya kuman yang bisa masuk ke dalam tubuh bayi karena kebiasaan bayi yang suka mengemut dan memasukkan tangannya bahkan kakinya ke dalam mulut. Berikut beberapa tips mudah untuk memotong kuku bayi secara rutin.

merawat-dan-memotong-kuku-bayi

Hanya Gunakan Alat Pemotong Kuku Khusus untuk Bayi

Yang pertama, pergunakan alat pemotong khusus untuk bayi. Bunda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko peralatan bayi. Alat pemotong khusus ini telah didesain sedemikian rupa mengikuti struktur kuku bayi yang kecil sehingga resiko melukai jari bayi bisa diminimalisir. Yang kedua adalah jangan lupa untuk selalu membiasakan diri mencuci peralatan memotong kuku bayi dengan menggunakan alkohol dengan kadar 70% untuk memastikan bahwa alat tersebut benar-benar steril dan higienis. Jika tidak ada alkohol, Bunda bisa menyiram dan merendamnya sejenak di dalam air panas atau air hangat. Kemudian yang ketiga adalah sebisa mungkin lakukan pada waktu-waktu yang tepat seperti saat bayi sedang tidur pulas. Ketika bayi bangun, kemungkinan ia akan menolak untuk dipotong kukunya karena gerakan dan kontrol bayi terhadap tubuhnya masih sangat minim. Keadaan bayi yang tidur pulas akan memudahkan Bunda untuk memotong kukunya dengan tenang dan nyaman.

memotong-kuku-bayi

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pastikan bahwa ketika memotong kuku bayi, di sekitar Bunda terdapat penerangan yang cukup. Bila di kamar penerangan kurang, Bunda bisa berpindah dan menggendong bayi ke ruangan dengan penerangan yang cukup. Sebisa mungkin jangan memotong kuku si kecil pada saat malam hari karena kemungkinan kurangnya pencahayaan, sementara jika Bunda menyalakan lampu kamar, kemungkinan bayi akan terganggu tidurnya karena silau oleh cahaya lampu. Yang terpenting dalam memotong kuku bayi yang baru lahir adalah selalu bersikaplah setenang dan senyaman mungkin ketika akan memotong kuku bayi sehingga tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.