3 Tips Menjaga Keamanan Anak di Lingkungan Rumah

Pada dasarnya, anak-anak adalah makhluk yang aktif, selalu ingin tahu, dan masih belum bisa bertanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan dan kerjakan sehingga tidak jarang rasa penasaran mereka berujung pada terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan. Kecelakaan yang terjadi pada anak-anak bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, bahkan di lingkungan yang dianggap paling aman yakni di rumah. Oleh karena itu, Bunda dan Ayah perlu ekstra waspada ketika berbicara mengenai keamanan anak di lingkungan rumah. Berikut ada beberapa hal yang perlu diwaspadai untuk menjamin keamanan anak-anak ketika mereka bermain di dalam maupun di sekitar rumah.

Pertama, pastikan bahwa Bunda telah menyimpan semua cairan pembersih, obat, benda-benda tajam, serta semua benda-benda yang berbahaya bagi anak-anak di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan mereka. Hal ini termasuk pula untuk menutup semua lubang aliran listrik serta memastikan kabel-kabel elektronik tidak menjuntai di lantai sehingga akan membahayakan bagi anak-anak terutama mereka yang masih dalam tahap belajar berjalan.

menjaga keamanan anak dirumah

Kemudian yang kedua tentang keamanan anak di dalam rumah adalah mengenai peringatan untuk jangan pernah meninggalkan anak-anak sendirian di ruangan seperti di dapur, kamar mandi, atau kamar tidur. Hal ini untuk menghindari terjadinya bahaya luka bakar, luka potong, tersiram air panas, terpeleset, dan lain sebagainya. Untuk bayi dan batita, usahakan untuk selalu mendampingi mereka saat keadaan apapun karena lengah sebentar bisa berakibat fatal bagi keselamatan mereka. Jauhkan pula anak-anak dari kursi, meja, sofa, atau apapun yang bisa mereka panjat kecuali pada saat itu Bunda sedang bersama mereka dan melakukan pengawasan penuh. Selain itu, hal penting lainnya yang perlu Bunda waspadai adalah mengenai pemilihan makanan dan mainan yang cocok sesuai usia anak. Untuk usia bayi dan batita, usahakan menghindari memberikan mainan dalam bentuk kecil atau yang terdiri dari bagian-bagian kecil karena mereka bisa tersedak dan tertelan ketika memasukkan mainan tersebut ke mulut mereka. Serta, selalu berikan potongan makanan yang sesuai dengan usia anak.

keamanan anak

Lingkungan yang Nyaman dan Aman bagi Anak-Anak

Sebagai tambahan, jika Bunda memiliki tangga di rumah sebaiknya selalu pasang pagar penutup di bagian ujung tangga untuk menghindari bahaya anak-anak merangkak naik sendirian ke atas atau turun sendirian ke bawah. Jika perlu Bunda bisa pula memasang karpet di beberapa tempat yang beresiko tinggi terpeleset seperti di dekat kamar mandi atau dapur atau kolam renang. Untuk anak-anak yang suka bermain di sekitar area rumah, Bunda bisa selalu mengawasi mereka dan memastikan bahwa tanaman atau rumput yang ada di halaman telah tertata dan dirawat dengan baik. Sifat alami anak-anak yang selalu ingin tahu dan selalu ingin mencoba hal baru tentunya harus diiringi dengan pengawasan ekstra dari orang tua untuk memastikan bahwa mereka selalu merasa nyaman dan aman bermain dan mengeksplor lingkungan di sekitar rumah. Jadi, tips-tips mengenai keamanan anak di lingkungan rumah tersebut diharapkan bisa banyak membantu para orang tua untuk mencegah kecelakaan anak di lingkungan rumah